Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah | : high school |
Mata Pelajaran | : Bahasa Inggris |
Kelas/Semester | : XI/ 2 |
Alokasi Waktu | : 2 x 45 menit (2x pertemuan) |
Topik Pembelajaran | : Perasaan (expressing: sorrow & attention) |
Pertemuan Ke | : 1 |
1. Standar Kompetensi
- Mendengarkan: 7.1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
- Berbicara: 9. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
2. Kompetensi Dasar
- 7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel.
- 9.2 Mengungkap-kan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel.
3. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
- Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan perasaan (expressing: sorrow& attention) )
- Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: menyatakan perasaan (expressing: sorrow& attention)
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
- Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
- Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
- Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
- Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
- Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
4. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran :
- Siswa dapat merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan peringatan.
- Siswa dapat melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: menyatakan perasaan peringatan.
5. Materi Pokok
New vocab:
Salutations/ salutasion: salam,great.
Conclusion/kongklusion: kesimpulan.
Gratitude/grecicud: syukur.
Apologizing/apoliogizing.
Beyond/bion: Luar.
affectionatly/afecionatly: sayang
sincerely/sensirily: dengan tulus.
best wishes: semoga sukses.
Gretful : berterimakasih
Menyatakan perasaan (expressing: sorrow& attention)
mis. My heart is so burdened I’m so sad to hear that
6. Metode Pembelajaran/Teknik:
Total Physical Response
EVALUASI
No comments:
Post a Comment