Monday, January 18, 2021

English for grade :X/Term: 2

 A. Identitas Modul Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

 Kelas : X / 

 Alokasi      Waktu : 2 x 2 Jam Pelajaran

Judul Modul : Nice to meet you

Pertemuan: 1

 B. Kompetensi Dasar 

3. 1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)

 4.1 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 

C. Deskripsi Singkat Materi

 Hello. Welcome to Grade X of Senior High School. 

Bagaimana perasaan kalian setelah menjadi siswa SMA?

 Semoga kalian dalam kondisi yang baik dan makin bersemangat untuk belajar Bahasa Inggris di kelas X ini.

 Materi mata pelajaran Bahasa Inggris kelas X ini dimulai dengan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan keluarga. Kita semua pasti pernah berada di dalam lingkungan yang belum pernah kita kenal sebelumnya, contohnya ketika berada di sekolah baru, kelas baru, atau lingkungan tetangga yang baru. Di dalam situasi itu,tentunya kita harus bersosialisasi dengan orang lain yang berada di sekitar kita yang belum kita kenal sebelumnya. Pastilah dalam membuka sebuah relasi atau hubungan dengan orang lain yang belum kita kenal, kita harus memperkenalkan diri sendiri terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar proses komunikasi bisa terjalin satu sama lain dan tentunya akan dapat mengenal orang-orang baru di sekitar kita. Apa yang biasanya kita lakukan jika menemui orang yang belum pernah kita kenal sebelumnya? Apa yang harusnya kita ucapkan jika ingin berkenalan dengan orang-orang yang baru di lingkungan kita? Mengapa berkenalan itu sangat penting? Karena dengan berkenalan, kita bisa menunjukan kemampuan kita bertemu dengan orang baru dengan percaya diri. Selain itu, berkenalan akan membuat orang lain merasa nyaman dan memberikan kesan yang baik. Kamu harus tahu cara memperkenalkan diri agar dapat mencairkan suasana ketika bertemu orang lain. D. Petunjuk Penggunaan Modul Pada modul ini kalian akan diajak berlatih untuk mampu meminta dan memberi informasi terkait tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. Perhatian petunjuk penggunaan modul sebagai berikut: 1. Modul ini dapat kalian pelajari secara mandiri atau kelompok, baik di sekolah maupun diluar sekolah. 2. Pelajarilah modul ini dengan membaca, dan mengamati contoh-contoh yang telah disediakan. Modul Bahasa Inggris Kelas X KD 3.1/4.1 @2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 7 3. Kalian juga bisa belajar dengan cara diskusi, dan tanya jawab dengan teman kalian atau membentuk kelompok diskusi yang efektif. 4. Kerjakan latihan-latihan dan evaluasi yang ada pada modul ini. 5. Pelajari sumber-sumber belajar lainnya seperti melalui video atau situs internet tentang pembelajaran atau latihan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. Jika ada kendala dan kalian mengalami kesulitan, diskusikan kembali dengan teman kalian dan jika masih belum mendapatkan jawaban yang kurang memuaskan tanyakan kepada guru atau pakar lainny


E. Materi Pembelajaran Modul ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi. Materi pembelajaran pada modul ini adalah mengenai tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga dengan rincian kegiatan pembelajaran sebagai berikut: 1. Kegiatan Pembelajaran 1 : fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga. 2. Kegiatan Pembelajaran 2 : tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga dengan memperhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive.


INDIKATOR :

3.1.1Murid dapat membaca tex bacaan Bhs.Inggris secara baik dan benar.

3.1.2.Murid dapat menjawab pertanyaan dalam bahasa Inggris secara baik dan benar.

Gb.1

 

gb:2

Gb.3





gb.4





gb.5.

New vocab.:

Introduce/introjus: Memperkenalkan diri.
Yourself: diri sendiri.
By the way: ngomong2.
any way: dgn cara apaun.
how do you do?; Apa kabar.
Nice to meet you: senang berjumpa dengan mu.
Glad to see you: Saya gembira bisa berjumpa dgn kamu.



EVALUASI:

1.Carilah teman untuk mempraktekan percakapan pada gambar 4 & 4.


Yg akan ditilai:


Name                          : ............

Kehapalan./Memorice :.............

Intonation                    :.............

Pronounciation./pengucapan:........


Name                          : ............

Kehapalan./Memorice :.............

Intonation                    :.............

Pronounciation./pengucapan:......



Name                          : ............

Kehapalan./Memorice :.............

Intonation                    :.............

Pronounciation./pengucapan:......

2. Write the letter to your friend on other country & used Juan letter method.

god luck






No comments:

Post a Comment