SMA Islam tarbiyyatul falah.
GRADE ; X
Bahasa Inggris Umum
Satuan Pendidikan : SMA/MA
Kelas : X (Sepuluh)
Kompetensi Inti :
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis
yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait jati diri
dan hubungan keluarga, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan pronoun:
subjective, objective, possessive)
Fungsi Sosial
Mengenalkan, menjalin hubungan
interpersonal dengan teman dan guru
Struktur Teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
Unsur Kebahasaan
- Sebutan anggota keluarga inti dan yang
lebih luas dan orang-orang dekat lainnya;
hobi, kebiasaan
- Verba: be, have, go, work, live (dalam
simple present tense)
- Subjek Pronoun: I, You, We, They, He,
She, It
- Kata ganti possessive my, your, his, dsb.
- Menyimak dan menirukanbeberapa contoh interaksi terkait jati diri dan
hubungan keluarga, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
- Mengidentifikasi ungakapan-ungkapan penting dan perbedaan antara
beberapa cara yang ada
- Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda.
- Mempelajari contoh teks interaksi terkait jati diri dan hubungan
keluarganya yang dipaparkan figur-figur terkenal.
- Saling menyimak dan bertanya jawab tentang jati diri masing-masing
dengan teman-temannya
- Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
4.1 Menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis pendek dan sederhana
yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait jati
diri, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
https://kherysuryawan.blogspot.com
https://kherysuryawan.blogspot.com
- Kata tanya Who? Which? How? Dst.
- Nomina singular dan plural dengan atau
tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, dan tulisan tangan
Topik
Deskripsi diri sendiri sebagai bagian dari
keluarga dan masyarakat yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
3.2 Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi interpersonal lisan dan tulis
yang melibatkan tindakan
memberikan ucapan selamat dan
memuji bersayap (extended), serta
menanggapinya, sesuai dengan
konteks penggunaannya
Fungsi Sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan
guru, teman dan orang lain.
Struktur Teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
Unsur Kebahasaan
- Ungkapan memberikan ucapan selamat
dan memuji bersayap (extended), dan
menanggapinya
- Nomina singular dan plural dengan atau
tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, dan tulisan tangan
Topik
Interaksi antara guru dan peserta didik di
dalam dan di luar kelas yang melibatkan
ucapan selamat dan pujian yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
- Menyimak dan menirukan beberapa contoh percakapan mengucapkan
selamat dan memuji bersayap (extended) yang diperagakan guru/rekaman,
dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
- Bertanya jawab untuk mengidentifikasi dan menyebutkan ungkapan
pemberian selamat dan pujian serta tambahannya, n mengidentifikasi
persamaan dan perbedaannya
- Menentukan ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain
yang serupa
- Membiasakan menerapkan yang sedang dipelajari. dalam interaksi dengan
guru dan teman secara alami di dalam dan di luar kelas.
- Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar
4.2 Menyusun teks interaksi interpersonal
lisan dan tulis sederhana yang
melibatkan tindakan memberikan
ucapan selamat dan memuji bersayap
(extended), dan menanggapinya
dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
3.3 Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis
Fungsi Sosial
Menyatakan rencana, menyarankan, dsb.
- Mencermati beberapa contoh interaksi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan dalam/dengan tampilan visual(gambar, video)
https://kherysuryawan.blogspot.com
https://kherysuryawan.blogspot.com
yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan/kegiatan,
sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan be going to, would like
to)
Struktur Teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan atau di luar
dugaan)
Unsur Kebahasaan
- Ungkapan pernyataan niat yang sesuai.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti :
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis
yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait jati diri
dan hubungan keluarga, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan pronoun:
subjective, objective, possessive)
Fungsi Sosial
Mengenalkan, menjalin hubungan
interpersonal dengan teman dan guru
Struktur Teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
Unsur Kebahasaan
- Sebutan anggota keluarga inti dan yang
lebih luas dan orang-orang dekat lainnya;
hobi, kebiasaan
- Verba: be, have, go, work, live (dalam
simple present tense)
- Subjek Pronoun: I, You, We, They, He,
She, It
- Kata ganti possessive my, your, his, dsb.
- Menyimak dan menirukanbeberapa contoh interaksi terkait jati diri dan
hubungan keluarga, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
- Mengidentifikasi ungakapan-ungkapan penting dan perbedaan antara
beberapa cara yang ada
- Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda.
- Mempelajari contoh teks interaksi terkait jati diri dan hubungan
keluarganya yang dipaparkan figur-figur terkenal.
- Saling menyimak dan bertanya jawab tentang jati diri masing-masing
dengan teman-temannya
- Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
4.1 Menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis pendek dan sederhana
yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait jati
diri, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
Indikator:
Murid dapat mengerjakan soal yg ditugaskan guru secara baik dan benar sesui intruksi.
No comments:
Post a Comment